Seseorang yang mempunyai komuter atau masalah pada komouter pastinya akan mengupayakan perbaikan atau pemeliharaan apalagi jika komputer yang anda punya misal sudah tua dan anda ingin men-setting komputer tersebut agar semakin cepat dan performa bagus kembali, tapi apa yang menjadi acuan bahwa komputer anda performanya meningkat.
Jika anda tidak memiliki cara objektif untuk mengetahui seberapa cepat komputer anda, anda bisa lakukan pengukuran dengan salah satu tool yang sedikit akan saya jelaskan. Yaitu anda bisa lakukan dengan benchmark yaitu alat pengujian untuk yang dapat mengetahui optimasi komputer anda bekerja baik atau tidak. tujuannya yaitu cara menilai kinerja dari komputer anda, ketika anda membuat penyesuaian pada komputer anda, anda dapat melihat seberapa banyak, atau sedikit, kinerja komputer anda yang telah berubah.
Berikut 5 Benchmark terbaik untuk Windows Gratis :
1. SuperPi
freebenchmark Free 5 Benchmark terbaik untuk Windows
SuperPi tool pengujian perangkat lunak tidak bebas. SuperPi mampu menghitung Pi sampai sampai 32 juta digit setelah titik desimal. Ini merupakan matematika kompleks yang secara signifikan tugas komputer prosesor anda, dan SuperPi melacak seberapa cepat yang diperlukan bagi komputer anda untuk menyelesaikan perhitungan.
SuperPi difokuskan pada prosesor kecepatan, bukan kecepatan komponen lainnya, sehingga hanya berguna ketika menilai perubahan untuk  prosesor komputer. Sebagai contoh, para overclocker menganggap SuperPi menjadi salah satu tolok ukur bebas terbaik di sekitar karena menyediakan tes prosesor terfokus yang dapat membantu mereka menilai berapa banyak tambahan kinerja overclocking mereka telah mendapatkan mereka.
Download http://www.techpowerup.com/downloads/366/Super_PI_Mod_v1.5.html
2. NovaBench
novabench Free 5 Benchmark terbaik untuk WindowsNovabench adalah sebuah suite pengujian untuk perangkat lunak bebas. Tidak seperti banyak benchmark suite, Novabench ada yang versi bayar atau anda bisa gunakan versi yang lebih lama dirilis dan gratis. Versi gratis adalah versi hanya tersedia, dan alat ukur berbagai aspek yang kinerja komputer anda.
Benchmark Novabench merupakan pengolahan tes kecepatan, kinerja grafis 2D dan hard drive yang membaca / menulis kinerja dengan sangat baik. Hal ini terutama cocok untuk komputer yang dimaksudkan untuk kantor di rumah, sebagai hard drive membaca / menulis kecepatan benchmark dapat membantu anda mengetahui produktivitas komputer tersebut. Novabench juga memiliki multimedia dasar dan patokan grafis. Hal ini kurang intensif dari benchmark grafis yang berdedikasi, seperti 3DMark06, tetapi dapat memberikan gambaran umum tentang kinerja grafis komputer Anda.
Download http://novabench.com/download.php
3. 3DMark 06 / PCMark 05
Futuremark adalah sebuah perusahaan perangkat lunak yang menawarkan berbagai macam benchmark komputer yang dianggap salah satu yang terbaik di dunia. Versi terbaru dari 3DMark dan PCMark tidak bebas, tapi versi lama dengan pilihan terbatas dapat digunakan dengan jumlah yang tidak terbatas tanpa biaya. Meskipun standar ini lebih dari empat tahun, mereka masih bebas antara tolok ukur terbaik yang tersedia.
Futuremark’s benchmark sangat menuntut, dan ada banyak komputer modern yang akan mencapai nilai yang sangat rendah saat menjalankan benchmark ini berfokus 3DMark pada gamer, dan menguji kekuatan kartu video anda. PCMark adalah untuk penggunaan yang lebih umum dan tes sejumlah komponen komputer. Keduanya dapat didownload langsung dari website Futuremark.
Download http://www.futuremark.com/
4. FRAP
fraps1 Free 5 Benchmark terbaik untuk Windows
FRAPS berbeda dari semua pengujian perangkat lunak bebas lainnya benchmark di daftar ini merupakan benchmark hanya non-sintetik. Daripada menempatkan komputer anda melalui serangkaian tes yang dirancang untuk menilai kinerja keseluruhan, FRAPS catatan bagaimana komputer anda benar-benar melakukan. FRAPS melakukan hal ini dengan menangkap informasi tentang bagaimana berbagai frame per detik komputer anda denganmemmainkan game tentunya.
Download http://www.fraps.com
5. SiSoft Sandra
sisoftsandra Optimized Free 5 Benchmark terbaik untuk Windows

Sandra singkatan dari System Analyzer, Diagnostic and Reporting Assistant adalah suite lengkap yang ditujukan untuk pengguna yang sangat baik menginformasi benchmark tentang cara kerja bagian dalam komputer untuk bisnis yang perlu melakukan analisis rinci pada beberapa komputer.
SiSoft Sandra menawarkan versi gratis. Fitur lain yang berguna SiSoft Sandra adalah memasukkan referensi. Katakanlah, misalnya, bahwa Anda memutuskan untuk mem-benchmark prosesor anda. SiSoft Sandra akan mem-benchmark prosesor anda dan kemudian membandingkan performa untuk lima prosesor sejenis lainnya untuk memberikan ide yang lebih baik.
Dari hasil yang saya lakukan dari salah satu tool benchamrk diatas sangatlah baik dalam menganalisa performa komputer. nah untuk anda jika ingin mem-benchmark komputer silahkan anda bandingkan atau pilih dari salah satu ke lima software tersebut Download gratis.
Download http://www.sisoftware.net/